ANALISA PERILAKU KONSUMEN BERUPA GERAK MATA, EKSPRESI, DAN EMOSI WAJAH DENGAN MENGGUNAKAN TOBII EYE-TRACKER DAN NOLDUS FACE READER
Keywords:
Emosi, Ekspresi Wajah, Gerak Mata, Tobii Eye-Tracker, Noldus Face ReaderAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perilaku konsumen melalui makanan sehat. Inovasi teknologi dalam Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) menjadi dasar dalam penelitian yang mana belum ada penelitian mengenai perilaku konsumen serupa yang dilakukan dengan teknologi rekognisi wajah di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah desain eksperimen dengan aplikasi serta dilengkapi dengan pengumpulan data pendukung berupa survei konsumen. Dalam percobaan ini, sejumlah 10 mahasiswa universitas direkrut sebagai partisipan. Mereka diminta untuk memakan salah satu makanan acak yang disediakan terkait dengan perilaku makan. Respon mereka diukur menggunakan Tobii Eye-Tracker dan Noldus Face Reader. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan yang menarik (manis) dapat diklasifikasikan sebagai suasana hati yang baik dan memberikan emosi positif. Begitu pula sebaliknya, makanan mentah (pahit) dapat diklasifikasikan sebagai suasana hati yang buruk dan memberikan emosi negatif pada Noldus Face Reader. Sementara itu, Tobii Eye-Tracker menunjukkan bahwa partisipan fokus pada objek (makanan) saat memakan makanan yang dipilih. Makanan yang baik, memiliki periode waktu gaze plot, heatmap, dan cluster yang lebih lama. Dan sebaliknya, makanan yang buruk, memiliki waktu yang lebih singkat.
References
Ahdiat, A. 2022. Mayoritas konsumen Indonesia lakukan riset produk sebelum belanja online. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/07/mayoritas-konsumen-indonesia-lakukan-riset-produk-sebelum-belanja-online. Diakses 23 Maret 2025.
Fauzi, Asnil. Inovasi dalam Keselamatan Kerja: Menyelami Teknologi Baru untuk Peningkatan K3. https://www.asnor.co.id/inovasi-dalam-keselamatan-kerja-menyelami-teknologi-baru-untuk-peningkatan-k3/. Diakses 5 Mei 2025.
Harahap, D.A. & Amanah, D. 2018. Perilaku belanja online di Indonesia: Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2):193–213.
International Organization for Standardization. 1998. ISO 9241-11 Ergonomics requirements for office work with visual display terminals (VDT)s –Part 11 Guidance on usability. Switzerland: ISO Org.
Indotelko. 2018. Ini waktu yang dihabiskan konsumen di e-commerce. https://www.indotelko.com/read/1516245000/waktu-konsumen-ecommerce. Diakses tanggal 23 Maret 2025.
Kotler, P.& Amstrong, G. 2003. Marketing. 6thedition. New Jersey: Prentice Hall.
King, S.C. & Meiselman, H.L. 2010. Development of a method to measure consumer emotions associated with foods. Food Quality and Preference, 21: 168- 177.7.
Mayhew, D. & Bias, R. 1994. Cost-Justifying Usability. Boston: Academic Press
Noldus Information Technology. 2016. FaceReader Tool for Automatic Analysis of Facial Expressions: Reference Manual Version 7. Wageningen, The Netherland: Noldus Information Technology.
Surya, Fitrahadi. D., dkk. 2019. Rekognisi Wajah Pada Sistem Smart Class untuk Deteksi Kehadiran Mahasiswa Menggunakan Metode Viola Jones dan Local Binary Patterns Histograms (LBPH) Berbasis Raspberry Pi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 3, No. 4, April 2019, hlm. 3538-3547.
Yu, C.Y. & Ko, C.H. 2017. Applying FaceReader to recognize consumer behaviourin graphic styles. Procedia CIRP, 60: 104-109.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 INCOSHET 2025

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.